Konsultasi Online Itu Mudah

Konsultasi Online Itu Mudah; Apakah Efektif?

Layanan konsultasi online baik itu menggunakan tarot ataupun jenis yang lainnya kini semakin marak. Sebagian sudah merasakan manfaat dan kemudahannya, namun sebagian lagi sepertinya masih bertanya-tanya apakah konsultasi online efektif? — Konsultasi Online Itu Mudah

Jika Anda termasuk yang masih mempertanyakan hal ini tak perlu khawatir. Pada kesempatan ini saya akan coba bantu jelaskan pada Anda.

Konsultasi secara tatap muka (offline) dan konsultasi online secara prinsip sebenarnya sama saja. Justru dengan munculnya fitur konsultasi online baik itu lewat aplikasi tersendiri atau aplikasi perpesanan, klien akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dan fleksibilitas untuk berkonsultasi.

6 Kemudahan yang Bisa Anda Dapatkan Dengan Konsultasi Online

Berikut enam kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari layanan konsultasi online.

1. Menambah Wawasan & Pemahaman

Dengan berkonsultasi pada konsultan ahli yang berpengalaman tentu Anda akan mendapat tambahan wawasan dan pemahaman dari sudut pandang baru yang lebih fresh. Oleh karena itu selain Anda bisa mencari solusi atas permasalahan yang sedang Anda hadapi, Anda dapat sekaligus belajar tentang sesuatu yang baru.

Contoh paling sederhana yang sering terjadi di sesi konsultasi yang saya tangani, klien merasa lebih sadar dengan keinginan, kebutuhan, dan keadaan dirinya. Dengan begitu ia menjadi lebih terbuka pikirannya untuk tahu mana langkah yang harus ia ambil sebagai solusi dari permasalahannya.

2. Menghemat Biaya

Fitur konsultasi online ini sudah tentu bisa memangkas biaya, Anda tidak perlu datang dan hadir secara fisik untuk berkonsultasi. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya seperti bensin dan parkir.

Selain itu biasanya biaya konsultasi online pun akan jauh lebih murah karena konsultan tidak perlu datang langsung dan mengeluarkan biaya tambahan sebagai cost operasional untuk bisa melayani kliennya.

Membantu menghemat biaya, kan?

3. Menghemat Waktu

Tak bisa dipungkiri bahwa kesibukan dan aktivitas yang padat bisa jadi halangan utama ketika Anda ingin berkonsultasi. Rasanya tak ada waktu luang untuk bisa mengambil sesi konsultasi yang Anda butuhkan. Siang sibuk bekerja atau usaha, malam hari macet jika harus pergi ke tempat praktek, hari libur jelas biasanya digunakan untuk me-time atau family time.

Fitur konsultasi online bisa memfasilitasi Anda yang memiliki kesibukan dan aktivitas yang padat. Memberikan fleksibilitas pada Anda untuk menentukan, kapan waktu yang pas untuk berkonsultasi disela-sela kesibukan. Bisa di sela-sela waktu istirahat kantor, sepulang kerja, setelah anak-anak tertidur, dan lain sebagainya. Sangat fleksibel!

4. Menghemat Tenaga

Untuk melakukan konsultasi tatap muka bersama konsultan, Anda perlu mengeluarkan tenaga lebih. Apalagi ketika lokasi Anda berada jauh dari tempat praktek konsultan tersebut.

Anda perlu bepergian, bahkan terjebak dalam kemacetan. Bisa-bisa Anda sudah merasa lelah duluan. Sedangkan, ketika Anda memilih menggunakan fitur konsultasi online, Anda bahkan tidak perlu beranjak dari tempat duduk Anda.

5. Akses yang Lebih Mudah

Konsultasi online dapat memberikan Anda akses yang Lebih Mudah untuk berkonsultasi bersama konsultan pilihan Anda. Hanya bermodalkan smartphone dan internet, Anda bisa melakukan sesi tanya-jawab dengan konsultan yang Anda percayai, kapanpun dan dimanapun Anda berada!

6. Lebih Terjaga Privasi

Jika saya perhatikan poin ini termasuk masalah umum yang dihadapi oleh klien saat ingin berkonsultasi. Sama seperti orang hendak datang ke psikolog atau therapist, ada orang yang belum apa-apa merasa malu takut disangka atau dikira A, B, C, D oleh orang di sekitarnya.

Nah, fitur konsultasi online ini akan dengan mudah membuat Anda lebih nyaman, privasi Anda lebih terjaga karena hanya Anda dan konsultan yang tahu. 😉

3 Faktor yang Menentukan Efektif Atau Tidaknya Konsultasi Online

Lalu jika fitur konsultasi online banyak memberikan kemudahan bagi klien, faktor apa yang menentukan konsultasi online ini efektif. Dari pengalaman saya, saya melihat setidaknya ada tiga faktor utama yang dapat menentukan efektif atau tidaknya sesi konsultasi online.

Berikut faktor-faktor yang menentukan efektif atau tidaknya konsultasi online :

1. Niat dan Tujuan

Niat dan tujuan jelas hal mendasar yang penting ketika seseorang ingin melakukan apapun bukan hanya konsultasi. Artinya untuk membuat sesi konsultasi online yang Anda jalani efektif, maka Anda harus menentukan dengan jelas dan tepat apa niat dan tujuan Anda mengambil sesi konsultasi tersebut.

Dengan niat dan tujuan yang tepat ditambah diiringi dengan sikap dan pikiran yang terbuka, Anda bisa bekerja sama secara efektif dengan konsultan untuk mencari solusi permasalahan yang sedang Anda hadapi dalam sebuah sesi konsultasi.

2. Konsultan

Pilih konsultan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap konsultan tentu memiliki gaya, pendekatan, bahkan keahlian pendukung yang berbeda. Dengan memilih konsultan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka sesi konsultasi akan berjalan jauh lebih efektif. Karena konsultan yang Anda pilih kemungkinan besar dapat menjawab, memberikan saran, serta pandangannya terkait kebutuhan Anda.

Khusus untuk konsultasi online menggunakan media tarot, saya telah membuat tulisan yang mengklasifikasikan secara umum Tipe Tarot Reader yang ada. Harapannya dapat memudahkan Anda untuk memilih tipe konsultan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Jenis Sesi

Pilihlah jenis sesi yang paling nyaman dan paling pas bagi Anda. Sebagai contoh biasanya konsultan setidaknya memiliki dua jenis sesi, yaitu sesi lewat chat dan sesi lewat telepon.

Jika Anda nyaman dengan mengambil sesi chat, bisa jadi karena malu jika harus ngobrol lewat telepon maka ambilah. Namun, untuk Anda yang lebih nyaman ngobrol langsung agar bisa puas bercerita dan berdiskusi, hindari memaksakan mengambil sesi chat. Pilihlah sesi lewat telepon karena kebutuhan Anda bisa jauh lebih terpenuhi dan hasilnya pun akan jauh lebih efektif bagi Anda.

Saya harap tulisan ini dapat membantu menjawab keraguan Anda tentang konsultasi online. 😉

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *